Minggu, 17 Maret 2013

Membuat Animasi GIF sederhana dengan Photoshop

Awalnya sih saya gak tau kalo salah satu Softwer Pengolah Raster ini(Adobe Photoshop) dapat digunakan untuk membuat Animasi GIF untuk urusan Web Device dsb.

Setelah saya membaca sebuah buku, yaitu 100 OLDIG PHOTOSHOP tulisanya Kang Asep Effendy di halaman 168. Barulah saya tahu cara membuat animasi dari timeline pemunculan dari tiap-tiap Layer yang telah kita buat sebelumnya.



Saya sih minjem buku ini di Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara(BPAD SUMUT). Atau yang masyarakat sering sebut dengan PUSDA/Perpustakaan Daerah. Terletak dijantung kota Medan dan berhadapan langsung dengan Istana Maimoon menjadikan lokasinya sangat strategis dan sering dikunjungi baik dari elemen Mahasiswa maupun Siswa-Siswi SMK yang sekadar bertamasya baca atau mencari bahan untuk tugas ilmiah.

Tapi jika teman-teman berminat untuk memiliki buku ini gak susah kog. Sekarang buku terbitan MediaKita ini dan banyak buku-buku Kang Asep lainnya bisa diperoleh di Gramedia dan toko-toko buku lainya di seluruh kota di Indonesia.

***

Caranya:
1. Pastikan anda telah membuat desain untuk dijadikan animasi dengan layer-layer terpisah.
2. Setelah itu klik di Menu Bar Windows>Animation
3. Lalu atur kemunculan dari layer-layer tersebut untuk menciptakan animasi yang anda inginkan.

Yang di atas itu adalah contoh Animasi pesanan teman saya yang sudah selesai dikerjakan, hasilnya kira-kira kan tampak seperti itu.

Selamat Mencoba

1 komentar:

  1. hahaha
    mantep salam blogger medan
    nanti saya coba2 buat file gif untuk avatar kaskus

    BalasHapus